Memahami Palatal Petechiae yang Sempat Viral di TikTok

Memahami Palatal Petechiae
Memahami Palatal Petechiae

Jika anda sering mengikuti sesuatu yang viral di tiktok anda pasti pernah mendengar viralnya terminology palatal petechiae. Viralnya ini di sebabkan karena seseorang menggunakan aplikasi tersebut dan mengunggah konten yang mengungkapkan bahwa dokter gigi dapat mengetahui aktivitas seksual seseorang. Untuk memahami palatal petechiae, kami akan membahas melalui artikel ini.

Seperti yang lansir health.com, seorang doktergigi dari Michigan bernama Huzefa Kapadia membenarkan bahwa dokter ggi memang bisa saja mengetahui jika seseorang baru – baru ini baru saja melakukan aktivitas oral seks. Pernyataan ini di lihat dari kondisi langit – langit mulut yang sakit akibat adanya iritasi atau adanya memar yang disebut palatal petechiae.

Penyebab Palatal petechiae

Pada dasarnya palatal petechiae yang sempat viral di tiktok ini terjadi karena sebauh benda yang terus menerus membentur area langait langit mulut seperti permen lollipop sehinggan menyebabkan luka di mulut berupa memar atau iritasi. Seorang dokter gigi yang bernama Brad Podray memberi tahukan bahwa terjadinya palatal petechiae karena pecahnya pembuluh darah kecil akibat melakukan pengisapan. Podray pernah menerima pasien yang mengalami palatal petechiae karena aktivitas oral seks yang dilakukannya. Oleh sebab itu, dia menyimpulkan bahwa oral seks bisa jadi salah satu penyebab lesi ini.

Perlu anda ketahui palatal petechiae tidak selalu penyebabnya oral seks. Langit – langit mulut sakit bisa juga terjadi karena penyebab lain. Adapun penyebab lain palatal petechiae adalah sebagai berikut :

  • Radang Tenggorokan
  • Mononukleosis
  • Radang Amandel
  • Penyakit infeksi lainnya.

Penyebab lain palatal petechiae tidak hanya disebabkan oleh infeksi, namun juga disebabkan oleh batuk, bersin, atau muntah yang berulang.

Resiko Kesehatan Lainnya Akibat Oral Seks

Seperti halnya memar atau iritasi yang terjadi pada tubuh manapun biasanya akan terasa terganggu. Namun palatal petechiae  merupakan kondisi ringan yang bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau kurun waktu seminggu. Palatal petechiae tidak akan membaut kerusakan permanen pada langit langit mulut anda. Akan tetapi, yang beresiko terhadap Kesehatan adalah terjadinya oral seks.

Oral seks dapat menyebabkan gangguan Kesehatan termasuk resiko terkenan infeksi menular seksual (IMS). Adapun oral seks menularkan beberapa penyakit IMS yang pada umumnya adalah meliputi :

  1. Gonore (Kencing Nanah)

Gonore adalah penyakit IMS yang terjadi akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pada umumnya, gejala penyakit ini terjadi ketika penis atau vagina mengeluarkan cairan kental berwarna hijau atau kuning atau lebih tepatnya seperti nanah saat berkemih. Terkadang, seseorang yang managlami gonore tidak mengalammi gejala apapun.

  • Herpes Genital

Virus herpes simpleks yang ada bisa menyebabkan herpes gental. Tidak ada yang bisa menyembuhkan virus ini, karena virus ini akan permanen berada di tubuh anda secara datang berulang kali. Meski begitu, saat virus tidak aktis, gelajanya akan hilang.

  • Sifilis

Sifilin merupakan  Infeksi menular seksual yang ditimbulkan oleh bakteri treponema pallidium. Cara menyembuhkan penyakit ini adalah dengan pengobatan antibiotic. Apabila selama bertahun – tahun tidak mengobati,  penyakit ini bisa menyebar  ke otak atau bagian tubuh lainnya sehingga bisa menyebabkan masalah yang serius.

  • Human Papillomavirus

HPV ialah sekumpulan virus yang terdiri dari lebih 100 tipe berbeda. Virus ini bisa menybabkan pada sebagian orang kutil kelamin atau kanker. Adapun beberapa jenis kanker yang termasuk dalam HPV meliputi, kanker anus, kanker serviks, kanker vulva, kanker penis, kanker vagina serta beberapa jenis kanker yang pada tempat lain.

Tinggalkan komentar