Bermacam Gejala Diabetes yang Harus Diwaspadai

bermacam gejala diabetes
bermacam gejala diabetes dan cara mengendalikannya

Diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat familiar dan di derita oleh banyak orang Indonesia. meskipun begitu, pemahaman tentang  gejala diabetes masih sangat terbatas. pada dasarnya, diabetes disebut sebagai kencing manis.  Keadaan ini baru terdiagnosis ketika sudah parah bahkan komplikasi. Namun dengan mengetahui bermacam gejala diabetes, anda dapat membantu pengobatan sejak awal.

Gejala Diabetes yang harus anda waspadai

Setiap penderita mengalami kencing manis yang berbeda – beda, bergantung dari jenis kencing manis yang pasien alami. biarpun begitu, pada umumnya, kencing manis menggambarkan tanda seperti berikut :

1 . Sering Lapar

Penderitakencing manis sering merasakan  mudah lapar dan Lelah. Hal ini di sebabkan onleh gangguan hormone insulin. Gangguan inilah yang menyebabkan tubuh tidak dapat mengolah gula menjadi energi. Oleh sebab itu, tubuh sering memerintahkan otak untuk merasakan lapar.

2. Sering buang air kecil

Seseorang rata-rata akan membuang air kecil dalam sehari sebanyak 7 kali. Namun, bagi penderita kencing manis pada umumnya buang air kecil akan lebih dari itu. Ini di sebabkan oleh gula darah tinggi yang tidak terkontrol. Ketika kadar gula tinggi, maka ginjal akan mengeluarkan kelebihan gula melalui urine.

3. Sering haus

Gajala kencing manis lainnya adalah mudah haus, hal ini berkaitan dengan gejala sebelumnya yaitu sering buang air kecil. Oleh sebab sering buang air kecil, maka tubuh akan membutuh kan banyak air sehingga sering membuat and ahaus. Keadaan seperti ini biasanya muncul pada awal gejala diabetes.

4. Mulut kering dan gatal

Akibat kurangnya cairan dalam tubuh juga membuat mulut dan kulit terasa kering. Dan ini berefek mudah terasa  gatal. Kemudian, proses ini akan menyerang kulit, yaitu bercak gelap yang akan membentuk pada ketiak, lipatan leher dan selangkangan.

5. Penglihatan kabur

Dengan berkurangnya cairan di tubuh karena tingginya kadar gula darah, maka cairan pada lensa mata juga akan berkurang. Akibatnya, lensa mata membengkak dan berubah bentuk dan mengakibatkan penglihatan jadi kabur karena tidak dapat fokus.

6. Luka sulit sembuh

Pembuluh darah dan saraf akan rusak karena kencing manis, maka hal ini akan mempengaruhi proses penyembuhan luka.

7. Kesemutan

Sering terjadi kesemutan pada kaki dan tangan juga bisa jadi ciri – ciri kencing manis. Hal ini karena adanya kerusakan saraf karena kadar gula darah tinggi. Keadaan seperti ini disebut neuropati diabetik.

8. Masalah pada gusi

Gangguan pada gusi juga bisa terjadi karena diabetes melitus tipe 2. Oleh karena gula darah tidak terkontrol, anda mungkin juaga akan engalami infeksi pada gusi dan penahan gigi.

Bagaimana cara mengendalikan kadar gula darah ?

Apabila kadar glukosa dalam darah terlalu tinggi, maka akan muncul ciri – ciri Kencing manis. Beberapa cara pengobatan akan dokter berikan jika anda telah di analis kencing manis. Selain itu, dokter akan menyuruh anda untuk melakukan perubahan gaya hidup. Tujuan ini agar tidak terjadi komplikasi kencing manis. Untuk mengendalikan kadar gula darah, Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan :

  1. Menjaga pola makan
  2. Berolahraga secara teratur
  3. Rutin minum obat
  4. Periksa gula darah secara berskala
  5. Mambatasi konsumsi gula
  6. Berhenti merokok

Dengan mengetahui bermacam gejala diabetes seperti yang telah kami sebutkan di atas, setidaknya anda bisa lebih waspada dan dapat mengatasi sedari awal. Karena penyakit ini bisa datang secara diam – diam tanpa kita sadari. Sebaiknya untuk melakukan secara rutin pemeriksaan Kesehatan deteksi penyakit sejak dini.

Tinggalkan komentar