MANFAAT BROKOLI

MANFAAT BROKOLI

Brokoli merupakan salah satunya sayuran hijau yang banyak di minati masyarakat. Brokoli merupakan suyuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehata tubuh. Kita akan membahas tentang  manfaat brokoli bagi Kesehatan manusia. Banyak nutrisi yang terdapat di sayuran brokoli ini yang mungkin masih ada yang belom mengetahuinya. Gizi yang terdapat pada buah brokoli sangat bagus bagi Kesehatan.

Brokoli merupakan sayur yang memiliki ciri ciri seperti pohon yang rindang. Meskipun bentuknya yang seperti pohon ini brokoli memiliki banyak sekali manfaat dan nutrisi. Berikut ini adalah beberapa gizi yang terdapat di dalam sayuran brokoli yang baik bagi Kesehatan:

MANFAAT BROKOLI

Kalori: 34

a. Air: 89.3 gram

b. Karbohidrat: 6.64 gram

c. Serat: 2.6 gram

d. Kalsium: 47 mg

e. Kalium: 316 mg

f. Fosfor: 66 mg

g. Sodium: 33 mg

h. Beta karoten: 361 mcg

i. Vitamin C: 89.2 mg

j. Vitamin A: 31 mcg

k. Vitamin K: 101.6 mcg

banyak sekali manfaat dari memakan brokoli ini. Dengan gizi yang sebanyak ini sudah pasti brokoli merupakan sayuran yang sangat baik untuk di konsumsi. Berikut ini adalah manfaat dari memakan brokoli secara rutin:

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Berbagai kandungan brokoli yang bermanfaat sebagai zat anti kanker adalah berbagai fitonutrien, vitamin C, vitamin A, dan vitamin E serta jenis mineral seperti kalium dan selenium. Kandungan nutrisi ini dapat berperan sebagai anti-oksidan dan membantu metabolisme dan mencegah inflamasi pada tingkat sel yang merupakan fase awal dari perkembangan kanker di dalam tubuh manusia. Tak hanya itu saja, senyawa bioaktif dalam brokoli juga mempunyai manfaat untuk mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh penyakit kronis tertentu.maka dari itu mengonsumsi brokoli sangat baik untuk Kesehatan.

2. Detoksifikasi tubuh

Terdapat kandungan anti-oksidan dalam brokoli yang bermanfaat untuk menghambat dan menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas. Senyawa anti-oksidan ini membantu mengurangi peradangan serta memberikan efek perlindungan pada tubuh. Jenis anti-oksidan berupa sulforaphane juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, kadar kolesterol, stres oksidatif, serta perkembangan penyakit kronis yang berbahaya. Ditambah dengan kandungan vitamin C dalam brokoli yang membantu mengurangi racun di dalam darah.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat atau khasiat lainnya dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin E dalam brokoli adalah mencerahkan sekaligus membantu mengganti jaringan kulit yang rusak. Lalu, kandungan fitonutrien juga berkhasiat untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

MANFAAT BROKOLI

4. Menjaga Kesehatan Mata

Beta karoten adalah senyawa yang saat sudah masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi vitamin A. Maka dari itu, kandungan beta karoten dalam brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, dan meningkatkan penglihatan. Selain meningkatkan kesehatan mata, beta karoten juga bermanfaat untuk melindungi mata dari penyakit seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium, vitamin K, vitamin A, dan fosfor dalam brokoli lebih mudah diserap oleh tubuh. Maka dari itu, brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang serta mencegah Anda mengalami osteoporosis. Manfaat atau khasiat lainnya dari kandungan brokoli tersebut juga membantu menjaga kesehatan gigi sekaligus menurunkan risiko penyakit gigi dan mulut seperti periodontitis.

6. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Kandungan mineral seperti kalium dalam brokoli bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu, berbagai kandungan nutrisi dalam brokoli juga membantu kerja insulin untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah. Berbagai kandungan vitamin B juga membantu menurunkan risiko aterosklerosis dengan mencegah produksi homosistein berlebih dalam pembuluh darah

Tinggalkan komentar