MANFAAT KENTANG

MANFAAT KENTANG

Kentang adalah suatu sumber untuk mendapatkan karbohidrat yang cukup penting bagi tubuh manusia. Kentang bisa di gunakan untuk menjadi penganti nasi dan sangat baik di konsumsi. Banyak orang mengunakan kentang sebagai makanan pembuka maupun makanan penutup yang sangat lezat sekali. Nah, kali ini kita akan membahas manfaat kentang bagi Kesehatan tubuh kitajika di konsumsi secara rutin setiap hari. Kentang merupakan satu tumbuhan yang berjenis umbi umbian yang sangat baik di konsumsi oleh tubuh.

Sebelum mebahas manfaat dari buah kentang kita lebih dulu sebaiknya membahas tentang gizi yang terdapat di dalam buah kentang ini. Ada banyak gizi yang bis akita peroleh dengan mengonsumsi buah kentang setiap hari secara rutin. Berikut ini adalah gizi yang ada di dalam buah kentang:

MANFAAT KENTANG

a. Air: 83,4 gram

b. Kalori: 62 kkal

c. Protein: 2,1 gram

d. Lemak: 0,2 gram

e. Karbohidrat: 13,5 gram

f. Serat: 0,5 gram

g. Kalsium: 63 miligram

h. Fosfor: 58 milligram

i. Zat besi: 0,7 miligram

j. Natrium: 7,0 miligram

k. Kalium: 396 miligram

l. Tembaga: 0,4 mikrogram

m. Seng: 0,3 mikrogram

n. Retinol (Vit. A): 0,0 mikrogram

o. Beta karoten: 0,0 mikrogram

p. Karoten Total: 0,0 mikrogram

q. Thiamin (Vit. B1): 0,09 miligram

r. Riboflavin (Vit. B2): 0,10 miligram

s. Niacin (Vit. B3): 1,0 miligram

t. Vitamin C: 21 miligram

sungguh luar biasa banyak nya gizi yang terdapat di dalam buah kentang ini. Banyak gizi yang terdapat di dlaam buah kentang ini lah penyebab kenapa buah kentang ini sangat baik untuk di konsumsi bagi tubuh kita.

1. Menurunkan risiko penyakit kronis

jadi,kentang sangat kaya akan senyawa flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Berbagai senyawa ini berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang akan mencegah radikal bebas yang muncul dan bisa merusak sel tubuh Anda yang berakibat buruk. Bahkan, tumpukkan radikal bebas dalam jangka panjang diyakini sebagai salah satu faktor pemicu berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. jadi, Penelitian dalam jurnal Nutrition and Cancer pada tahun 2011 menunjukan bahwa antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar. Maka, untuk menurunkan risiko semua penyakit tersebut, penting untuk mengonsumsi kentang.

MANFAAT KENTANG

2. Menurunkan tekanan darah

Manfaat kentang yang penting lainnya adalah membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan kentang adalah sumber kalium yang baik yang bahkan jumlahnya lebih banyak ketimbang buah pisang. jadi, Kalium adalah mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kemudian Mineral ini bekerja dengan merangsang pembuluh darah untuk melebarkan ukurannya.

Selain itu, kentang juga mengandung kalsium dan magnesium yang juga memiliki peranan penting dalam mengendalikan tekanan darah normal. Hasil dari peneliti dari Institute for Food Research telah menemukan bahwa kentang mengandung bahan kimia yang disebut kukoamines yang berhubungan dengan penurunan tekanan darah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Karotenoid yang ada di dalam kentang membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. jadi, Senyawa ini memiliki manfaat sebagai agen anti peradangan untuk mencegah kondisi aterosklerosis atau penyumbatan dinding arteri jantung. Kandungan vitamin C dan vitamin B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama metilasi.

Metilasi salah satu fungsinya adalah mengubah homosistein atau molekul berbahaya menjadi metionin, yakni struktur komponen baru dalam protein. Peningkatan kadar homosistein dalam tubuh dapat merusak dinding pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Tinggalkan komentar